YESS…WE ARE THE WINNER

Oleh : Yusuf El - Sahlany

Kita makhluk Allah yang luar biasa

Setiap manusia mempunyai potensi yang luar biasa dasyat, karena memang manusia diciptakan oleh Allah untuk dipersiapkan menjadi khalifah ( pemimpin ).

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang KHALIFAH di muka bumi." (QS: Al Baqarah 30)

Allah telah mempersiapkan kita menjadi seorang pemimpin. Dan ketika Allah telah memilih kita Allah tidak membiarkan kita dengan segala keterbatasan kita, allah telah menganugerahi kita dengan potensi yang uar biasa, potensi itu adalah :

  1. Jasad

Allah telah mencipatakan kita dengan jasad yang  begitu sempurna dengan masing – masing fungsi yang tidak bisa tertandingi oleh makhluk apapun. Coba kita pegang dan raba bagian – bagian tubuh kita kemudian kita fikirkan fungsi – fungsi mereka kita bayangkan apabila salah satu mereka tidak ada apa yang akan terjadi. Tentu akan terjadi ketidak seimbangan dalam jasad kita. Atau kita bayangkan ketika ada orang yang mau membeli salah satu bagian tubuh kita, tentu kita tidak akan pernah mau. Walau dengan harga yang sangat mahal sekalipun.

  1. Akal

Akal adalah potensi yang luar biasa yang Allah anugerahkan kepada manusia, bahkan akal inilah  yang kemudian dijadikan pembeda antara manusia dengan mahluk lainya. Dengan akal ini manusia bisa membuat strategi – strategi hidup yang tidak dimiliki oleh mahluk lain. Dengan akal ini pula manusia tidak pernah bisa berhenti untuk berfikir untuk melakukan yang terbaik.

Dengan akal seseorang akan mempunyai banyak cara untuk berkreasi, untuk mempertahankan hidup, dan sebagainya.

  1. Ruh

Ini juga potensi yang sangat luar biasa…bahkan potensi ini di jadikan panglima bagi manusia dalam dirinya. Semua tindakan yang dilakukan manusia pasti akan minta pertimbangan ke pada ruh untuk dijadikan sebagai pertimbangan akhir sebelum melakukan tindakan. Manusia akan melakukan segala hal atas perintah potensi ini, kalau toh mereka  melakukan segala tindakan bukan karena ruh maka yang terjadi adalah penyesalan.

Karena potensi itulah kenapa kemudianAllah mengamanahkan seluruh bumi dan isinya untuk dikelola oleh kita. Karena ketika Allah menawarkan kepada mahluk lain untuk dijadikan khalifah di muka bumi ini tidak ada yang sanggup untuk mengemban amanah itu.

Begitu banyak kelebihan yang dimiliki manusia, tapi banyak dari mereka yang telah melupakan potensi – potensi yang dasyat itu. Sehingga banyak diantara mereka pula yang kemudian merasa tidak mempunyai daya dan upaya apapun untuk menghadapi hidup ini. Bahkan mereka sering putus asa dan menyelesaikan masalah – masalah hidup dengan cara yang tidak di benarkan oleh agama. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang kemudian mengakhiri hidupnya karena beralasan tidak sanggup lagi menanggung beban hidup ini. Seolah – olah mereka tidak pernah sadar bahwa mereka mempunyai potensi yang sangat dahsyat.

Yaa..kita adalah makhluk terpilih.

Ingat pelajaran tentang reproduksi ? di sana kita pelajari proses penciptaan manusia yang diawali dengan perebutan yang dilakukan sel sperma yang jumlahnya jutaan..ingat jutaan ! sel sperma itu adalah calon manusia yang hanya akan dipilih satu sel yang paling kuat, paling cepat, & paling tangguh karena sel telur hanya akan menerima satu sel sperma yang kemudian akan menjadi janin, bayi dan tahukah kita ?? siapa bayi itu ?? bayi itu adalah kita. Jadi sebenarnya kita sudah bersaing dengan calon jutaan manusia dalam kandungan ibu kita, tapi subhanallah… ternyata Allah memilih kita…ya kita adalah yang terpilih sehingga layak bagi kita untuk mengatakan …YESS, WE ARE THE WINNER !